Kakigōri, Es Serut Segar Khas Negeri Sakura

Siang dan panas terik memang enak minum es sambil scroll media sosial ya :D. Buat yang mau anti mainstream, bisa dicoba nih mencicipi es serut khas Jepang, namanya kakigōri . Kayaknya, es serut ini hampir sama dengan es serut yang biasa kita santap disini ya. Ya! bisa dibilang penampakannya mirip-mirip sih, dengan yang dijual sama abang-abang es doger. Admin jadi ngiler…

Sejarah Kakigōri

Sejarah Kakigōri

Kakigōri (かき氷) adalah makanan penutup es serut khas Jepang dengan tambahan topping seperti sirup, gula cair, dan susu.

Asal usul kakigōri berasal dari periode Heian dalam sejarah Jepang, ketika balok es yang disimpan selama berbulan-bulan diserut dan disajikan dengan sirup manis sebagai tradisi selama musim panas. Kakigōri menjadi lebih mudah diakses pada abad ke-19, ketika persediaan es pada zaman itu menjadi lebih banyak untuk dikonsumsi masyarakat umum selama musim panas. Toko kakigōri pertama diyakini telah dibuka di Yokohama pada tahun 1869. Setiap tanggal 25 Juli, dikenal sebagai hari kakigōri di Jepang karena pengucapannya terdengar mirip dengan es musim panas dalam bahasa Jepang. Alasan lain mengapa 25 Juli menjadi hari kakigōri adalah karena pada hari itu di tahun 1933, rekor musim panas di Jepang mencapai suhu tertinggi.

Kakigōri secara tradisional terbuat dari es murni. Es yang digunakan seringkali diambil dari mata air alami, kemudian dibekukan untuk mendapatkan kualitas serutan yang ideal. Sebelum ada mesin pendingin seperti sekarang, air yang dibekukan untuk menjadi es disimpan di dalam gua atau rumah berpendingin.

Penjelasan mengenai Kakigōri

Banner Kakigōri

Cara tradisional membuat Kakigōri menggunakan mesin putar yang diputar dengan bantuan tangan untuk memutar balok es di atas pisau. Meskipun alat serut listrik paling sering digunakan, pedagang kaki lima masih dapat terlihat menyerut balok es dengan tangan di musim panas.

Rasa populer kakigōri yaitu stroberi, ceri, lemon, teh hijau, anggur, melon, “Blue Hawaii”, plum manis, dan sirup tanpa warna. Beberapa toko menggunakan dua atau lebih warna sirup untuk menarik minat pengunjung yang membeli. Untuk menambah rasa manis kakigōri , susu kental manis juga bisa ditambahkan diatasnya.

Selain di warung, kakigōri juga biasa dijual di festival, toko serba ada, kedai kopi, dan restoran. Selama bulan musim panas, kakigōri dijual hampir di seluruh pelosok kota/ desa di Jepang, terutama di festival dan pekan raya musim panas seperti festival matsuri dan bon odori, sering disajikan bersama makanan jalanan lainnya seperti yakisoba, takoyaki, dan permen kapas. Kakigōri adalah salah satu hidangan ikonik musim panas di Jepang. Beberapa toko menyajikannya dengan es krim dan kacang merah manis atau mutiara tapioka (boba).

Banner/ bendera dengan tanda huruf kanji kōri (氷) adalah cara yang umum dan tradisional untuk menunjukkan bahwa mereka menyajikan kakigōri.

Jenis-jenis Kakigōri

Shirokuma (Kanji: 白熊 , Hiragana: しろくま)

Shirokuma

Shirokuma, yang berarti beruang putih dalam bahasa Jepang adalah salah satu jenis es serut yang terkenal di seluruh Jepang. Shirokuma dikenal pertama kali pada tahun 1954 oleh Kubo Take yang menciptakan makanan penutup ini hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia pada saat itu. Sejak itu, Shirokuma menjadi semakin populer dengan rasa yang lebih bervariasi.

Urutan bagaimana bahan ditempatkan memainkan peran penting dalam menciptakan Shirokuma. Shirokuma yang enak memiliki rasa yang sempurna, tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu hambar. Untuk membuat Shirokuma, pertama-tama buah-buahan dan kacang-kacangan diletakkan dibagian bawah mangkuk, setelah itu, es yang telah diserut ditaruh diatasnya.

Azuki Kakigōri (小豆かき氷)

Azuki Kakigōri

Azuki Kakigōri adalah jenis es serut yang disiram dengan sirup gula cair dan di atasnya diberi pasta kacang merah manis (azuki).

Uji Kintoki (宇治金時)

Uji Kintoki

Uji kintoki (宇治金時) adalah jenis kakigōri yang terbuat dari es serut, sirup teh hijau, pasta kacang manis (kacang Azuki), mochi, dan biasanya ditambahkan juga es krim rasa teh hijau.

Uji Kintoki berasal dari kota kecil Uji, di Prefektur Kyoto, yang terkenal dengan teh hijaunya dan Sakata Kintoki, yang dikenal sebagai Kintaro dalam cerita rakyat Jepang.

Begitulah penjelasan singkat mengenaiI Kakigōri, es serut tradisional Jepang. Disaat pandemi seperti sekarang ini, semoga Kakigōri ini bisa menjadi referensi kalian untuk dibuat di rumah.

Happy Summer~

Sumber Gambar:

Sejarah Kakigōri : https://i1.wp.com/skdesu.com/

Banner Kakigōri : https://www.japan.travel/tokyo-and-beyond-2020

Shirokuma : https://img.jalan2kejepang.com/

Azuki Kakigōri : https://i.pinimg.com/originals/

Uji Kintoki : https://i.ytimg.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s