Aktivitas Musim Panas yang bisa Kamu Lakukan di Jepang

Musim panas di Jepang adalah salah satu musim favorit banyak orang karena ada banyak aktivitas menyenangkan yang hanya bisa kamu lakukan di musim panas! Namun, sebagian lainnya menganggap musim panas adalah musim yang menyebalkan 😦 karena pada saat musim panas suhunya bisa naik hingga mencapai 30 derajat celcius dan tingkat kelembaban cuaca yang sangat tinggi. Dibanding orang yang membencinya, masih banyak orang yang menyukai musim panas ya. Aktivitas-aktivitas musim panas di Jepang juga sangat beragam. Berikut ini admin akan rinci daftar aktivitas-aktivitas musim panas yang bisa kamu lakukan di Jepang.

  1. Mengunjungi Pantai
Mengunjungi Pantai di Jepang

Berenang di pantai merupakan aktivitas musim panas yang sangat populer di Jepang. Pendeta Shinto di seluruh negeri mengadakan upacara yang disebut Umi Bikari, yaitu upacara memberkati air agar pengunjung bisa aman untuk berenang. Sebagian besar pantai di dekat Tokyo mengadakan ritual ini pada awal bulan Juli, Okinawa pada awal bulan Maret dan Hokkaido pada awal bulan Agustus.

Kepulauan tropis Okinawa dan Pulau Ogasawara adalah pulau yang menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Jika pengunjung ingin pergi ke pantai dekat dengan ibukota Jepang, Tokyo, pengunjung dapat pergi ke Pulau Enoshima. Di wilayah Kansai juga terdapat pantai terkenal yang biasa dikunjungi saat musim panas, yaitu Pantai Shirahama.

2. Mengunjungi Taman Bermain

Taman Bermain Tokyo Disneyland

Ada dua taman hiburan bermain paling populer di Jepang yaitu Tokyo Disneyland dan Universal Studio Japan di Osaka. Jika kalian ingin bermain di taman bermain sambil menikmati pemandangan Dataran Tinggi, kalian bisa mengunjungi Fuji-Q Highland di area Danau Fuji. Di Fuji-Q Highland, pengunjung dapat menaiki roller coaster tertinggi di dunia. Gak cuma itu, pengunjung juga mendapatkan pemandangan indah gunung ikonik Jepang, Gunung Fuji dari atas ke bawah! Penggemar animasi Jepang juga bisa menikmati atraksi Desa Daun Tersembunyi bertema Naruto dan Boruto.

3. Menikmati Festival Musik

Festival Musik Di Jepang

Jika kalian penggemar musik J-pop, J-rock, atau idol Jepang, festival musik bisa menjadi kesempatan sekali seumur hidup untuk melihat langsung band favorit kalian. Musisi Jepang maupun internasional tampil di acara festival ini sepanjang tahun. Festival musik di Jepang bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga merupakan festival untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu seperti perubahan iklim dan isu-isu lingkungan lainnya.

Festival musik internasional paling terkenal diantaranya adalah Fuji Rock di Resor Ski Naeba, Prefektur Niigata. Jika kalian ingin lebih dekat dengan kota, Summer Sonic berlangsung di Tokyo dan Osaka. Fuji Rock dan Summer Sonic adalah festival musik paling populer di Jepang.

4. Menikmati Kembang Api (Hanabi)

Kembang Api di Jepang

Kembang api (花火, Hanabi) memiliki sejarah panjang di Jepang dan merupakan bagian dari musim panas Jepang. Ratusan pertunjukan kembang api diadakan setiap tahun di seluruh Jepang, terutama selama liburan musim panas di bulan Juli dan Agustus, dengan beberapa di antaranya menarik ratusan ribu penonton.

Ukuran kembang api Jepang berkisar dari yang lebih kecil hingga rekor dunia berdiameter 1,2 meter. Orang-orang sering datang dan memesan tempat terbaik beberapa jam sebelumnya, terutama di kota-kota di mana gedung-gedung tinggi membatasi jumlah tempat dengan pemandangan kembang api yang tidak terhalang. Banyak pertunjukan menawarkan tempat duduk berbayar, tetapi tiket biasanya tidak tersedia pada hari itu dan seringkali sulit didapat dari luar Jepang.

Festival Kembang Api terkenal di Jepang diantaranya adalah Festival Kembang Appi Nagaoka di Prefektur Niigata dan Festival Kembang Api Sungai Sumida di Asakusa, Tokyo.

5. Menikmati Es Serut (Kakigori)

Es Serut/ Kakigori

Kakigori adalah makanan penutup es serut tradisional Jepang, ditambah dengan berbagai macam sirup buah seperti stroberi, melon, lemon, ceri, raspberry biru, jeruk Jepang, plum manis, dan anggur. Tekstur kakigori renyah, sangat lembut, ringan dan lumer jika dimakan ke mulut.

Di musim panas, kakigori dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari toko serba ada, restoran, hingga penjual makanan, termasuk toko makanan penutup dan kedai teh. Ke manapun kalian pergi, kalian bisa sangat mudah menemukan tempat untuk menikmatinya.

Kisaran harga bervariasi berdasarkan ukuran dan topping meskipun satu kakigori mungkin berharga sekitar 500-2000 yen.

6. Mengunjungi Festival Musim Panas (Natsu Matsuri)

Nebuta Matsuri

Di musim panas, Jepang menjadi salah satu tujuan musim panas terbaik di dunia yang menonjolkan festival & acara tradisionalnya. Merayakan festival dan acara musim panas yang menarik di Jepang bersama penduduk setempat. Orang-orang mengenakan pakaian tradisional mereka seperti Yukata sebelum mereka pergi keluar untuk menikmati kembang api.

Salah satu Festival musim panas terpopuler dan terbesar di Jepang adalah Festival Nebuta/ Nebuta Matsuri, yang berlangsung pada tanggal 2 sampai 7 Agustus setiap tahunnya di Prefektur Aomori.

7. Aktivitas Memecahkan Semangka (Suikawari)

Memecahkan Semangka

Semangka adalah salah satu makanan musim panas favorit di Jepang.

Asal usul suikawari [(semangka (suika) + wari (membelah, membagi, memotong)] tidak jelas. Ada yang mengatakan tradisi ini berasal dari Afrika dimana semangka asli dan tumbuh di alam liar. Tradisi ini diyakini orang Afrika sebagai kebiasaan untuk membagi buah agar hasil panen melimpah. Ada juga yang mengatakan bahwa permainan ini merupakan sisa dari zaman Jepang kuno ketika melon digunakan untuk melatih seni memegang pedang.

Permainan ini sangat sederhana dimana kontestan diberikan tongkat panjang atau tiang dan kemudian ditutup matanya. Tugasnya adalah membelah semangka dengan arahan khusus terus diteriakkan oleh kaki dan tangan untuk menyelesaikan permainan ini. Permainan ini ditanggapi dengan sangat serius sehingga pada tahun 1991 Koperasi Pertanian Jepang membentuk Asosiasi Suika-Wari Jepang untuk mengkodifikasi permainan ini.

8. Mencoba Nagashi Somen

Nagashi Somen

Menyantap Nagashi Somen adalah tradisi musim panas di Jepang dan sering terlihat di festival atau di restoran.

“Nagashi” berasal dari kata kerja “nagasu” (流す) yang berarti “mengalir”. Nagashi-somen (mie mengalir) adalah somen yang ditangkap menggunakan sumpit saat mengalir melewati orang-orang di seluncuran air bambu. Setelah menangkapnya, mie dicelupkan ke dalam saus lalu dimakan. Ini salah satu cara yang menyenangkan untuk makan somen di Jepang.

Salah satu tempat mencicipi Nagashi Somen adalah di Kabutoyama Nagashi Somen (兜山 ) di prefektur Yamanashi. Mereka menawarkan dua pilihan makan somen; di meja bundar dengan air yang mengalir mengelilingi meja atau membawa mie dan saus celup ke jembatan di mana satu orang dapat menjatuhkan mie ke seluncuran bambu dan anak-anak dapat menangkapnya.

Nah, itu tadi daftar aktivitas musim panas yang bisa dilakukan di Jepang. Setiap musim panas, ada banyak hal yang bisa dilakukan ya.. untuk menghilangkan rasa panas dan juga membagkitkan kesegaran di badan.

Sumber:

Mengunjungi Pantai di Jepang: https://media.cntraveler.com/

Taman Bermain Tokyo Disneyland: travelermaster.com

Festival Musik di Jepang: https://1b7ta73fjmj23201tc3suvsi-wpengine.netdna-ssl.com/

Kembang Api di Jepang: https://i.pinimg.com/

Es Serut/ Kakigori: https://jpninfo.com/

Nebuta Matsuri: https://www.kyuhoshi.com/

Memecahkan Semangka: https://www.whataboutwatermelon.com/

Nagashi Somen: https://blog.airpaz.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s