Review: Museum Osamu Tezuka di Jepang

Halo minna!

Pada musim semi tahun lalu, admin punya kesempatan untuk berkunjung ke Museum Osamu Tezuka di Takarazuka, Prefektur Hyogo, Jepang. Buat yang belum tau siapa itu Osamu Tezuka, admin bantu untuk kenalin profilnya diblog ini ya.

Osamu Tezuka

Osamu Tezuka lahir sebagai putra tertua dari tiga bersaudara pada tanggal 3 November 1928, di Kota Toyonaka, Osaka. Seorang anak laki-laki yang sangat cerdas dan imajinatif.

Manga dan film animasi Osamu Tezuka memiliki pengaruh yang luar biasa pada pembentukan psikologi pemuda Jepang pascaperang. Karyanya mengubah konsep kartun Jepang, mengubahnya menjadi bentuk seni dan menggabungkan berbagai gaya baru dalam menciptakan “kartun cerita” serta mengubah wajah sastra dan film. Karyanya juga memengaruhi berbagai genre lain.

Beberapa karya Osamu Tezuka seperti karakter menawan yang muncul dalam karya-karya dalam serial TV animasi pertama Jepang “ASTRO BOY”, serial TV animasi berwarna “Jungle Emperor Leo”, dan animasi spesial dua jam “Bander Book”, merebut hati orang Jepang melalui media televisi, mendorong film animasi menjadi sangat populer di masyarakat umum Jepang. Karya Tezuka Osamu diekspor ke AS, Eropa, dan negara-negara Asia lainnya.

Tampak Depan Gedung Museum Osamu Tezuka

Museum ini terletak di kota Takarazuka di Prefektur Hyogo, rumah masa kecil Osamu. Kota ini terkenal dengan daya tarik terbesarnya: Takarazuka Revue. Bertempat di Takarazuka Grand Theatre, grup teater musikal yang seluruhnya terdiri dari wanita — aktris yang memainkan peran pria dan wanita.

Menunggu kereta di stasiun untuk mencapai pemberhentian di stasiun JR Takarazuka

Pengunjung dapat merasakan dunia manga dan anime di Museum Osamu Tezuka ini, yang terletak hanya 8 menit dengan berjalan kaki dari stasiun JR Takarazuka dan 5 menit berjalan kaki dari stasiun Hankyū Takarazuka Minami-guchi.

Patung Burung Phoenix (The Phoenix) salah satu karakter yang dibuat oleh Osamu Tezuka

Sebelum masuk kedalam bangunan utama museum, pengunjung dapat melihat patung dengan bentuk karakter burung Phoenix. Karakter burung Phoenix ini merupakan karakter manga yang dibuat oleh Osamu Tezuka. Patung yang berada tepat di depan bangunan museum ini terbuat dari perunggu dan melambangkan semangat hidup.

Lantai bernuansa karakter Osamu Tezuka yang menjadi ciri khas museum

Ketika tiba di lobi museum, pengunjung akan disuguhkan dengan dekorasi serba Astro Boy. Pengunjung juga dapat melihat ubin dengan potret karakter manga Osamu Tezuka yang lebih terkenal yang membawa pengunjung ke pintu masuk museum. Tiket dapat dibeli di museum ini dengan harga 700 Yen untuk dewasa (hanya tunai). Pamflet di dalam museum tersedia dalam bahasa Inggris, Cina (sederhana dan tradisional) dan Korea.

Interior mirip Kastil yang di design langung oleh Osamu Tezuka

Interior museum didalam mirip seperti kastil Eropa. Aula, lantai, dan langit-langit didekorasi dengan karya-karya Osamu Tezuka. Saat pengunjung memasuki ruangan, pengunjung dapat melihat hiasan kaca patri yang megah di langit-langit yang panelnya menampilkan koleksi karakter dari karya Osamu Tezuka.

Dokumen yang disimpan sebagai memorabilia karya Osamu Tezuka

Pengunjung akan melihat pameran di lantai pertama. Di dalam 40 replika tangki, pengunjung akan menemukan semua jenis dokumen yang diatur secara kronologis. Bagi mereka yang tidak mengerti bahasa Jepang, pengunjung dapat meminjam salinan terjemahan dan deskripsi dalam bahasa Inggris, Cina (sederhana dan tradisional) dan Korea.

Karya Osamu Tezuka yang berada di lantai 2 museum

Lantai dua terdiri dari display tematik. Sebagian besar karya dalam pameran di dalam museum Osamu Tezuka tidak dapat difoto. Namun jika pengunjung ingin tetap berfoto, sebagian dari karyanya masih diizinkan pihak museum untuk difoto.

Tidak hanya di area utama museum saja, di lantai dua area museum, pengunjung juga dapat menggunakan mesin pencari anime dan rak buku besar yang akan membuat para penggemar bersenang-senang dengan semua karya Osamu Tezuka.

Perpustakaan tersedia di sebelah mesin pencari. Di perpustakaan, terdapat salinan karya Osamu Tezuka yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Setelah mengunjungi museum ini, pengunjung akan lebih memahami karya Osamu Tezuka dan menikmati karya-karyanya. Jika kalian berencana untuk mengunjungi daerah Kansai, museum Osamu Tezuka ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Informasi seputar Museum Osamu Tezuka:

Alamat: Hyogo, Takurazuka, Mukogawa-chō 7-65

Jam buka: 9: 30 sampai 17: 00 (tiket masuk terakhir jam 16:30)

Tutup: Setiap Rabu (kecuali selama liburan, liburan musim semi / musim panas), Tahun Baru, 21-28 Februari. Tanggal tutup khusus tercantum di situs web

Wi-Fi: Wi-Fi gratis tersedia (hingga 60 menit)

Kartu Kredit: Penerimaan hanya tunai. Toko didalam museum menerima sebagian besar kartu kredit

Bahasa: Inggris, Cina, dan Korea

Pamflet: tersedia dalam bahasa Inggris, Cina (sederhana dan tradisional), dan Korea

Stasiun: Stasiun Hankyū Takarazuka (阪急 宝 塚 駅), Stasiun Takarazuka Minami-guchi (宝 塚 南口 駅) dan Stasiun JR Takarazuka (JR 宝 塚 駅)

Akses: 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Takarazuka dan Stasiun JR Takarazuka, 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Takarazuka Minami-guchi

Biaya Masuk: Dewasa 700 Yen, pelajar 300 yen, dan anak-anak 100 (tiket masuk grup juga tersedia)

Situs resmi : Museum Manga Osamu Tezuka

Sumber:

Osamu Tezuka: https://vip.socio-corp.jp/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s