Mencicipi Daging Sapi Matsusaka di Prefektur Mie

Matsusaka adalah wilayah yang terletak di Prefektur Mie. Wilayah ini terkenal dengan kualitas daging sapi premium asal Matsusaka. Sebagai informasi, di Jepang ada empat jenis daging sapi premium, yaitu daging sapi Kobe, daging sapi Oumi, daging sapi Yonezawa, dan daging sapi Matsusaka. Masing-masing daging sapi premium tersebut memiliki harga yang fantastis dan citarasa yang unik dan berbeda. Kenapa sih daging sapi Matsusaka ini harganya bisa mahal? Daging sapi ala sultan rasanya bagaimana ya? Yuk kita bahas dalam artikel ini.

Sapi Matsusaka yang disembelih harus memenuhi standard. Sapi membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk dewasa. Hanya sapi betina yang belum pernah melahirkan yang dapat dijual sebagai daging sapi Matsusaka dan semua anak sapi harus dari jenis yang terdaftar di Sistem Manajemen Daging Sapi Matsusaka. Sebagian besar daging dijual melalui toko-toko yang dimiliki oleh Asosiasi Sapi Potong Matsusaka. Untuk mencegah daging sapi palsu atau dijual dengan harga murah dan kualitas buruk, semua toko yang menjual dagi sapi Matsusaka asli diwajibkan memiliki Sertifikat Anggota Asosiasi. Perusahaan publik Prefektur Mie Matsusaka Shokuniku Kosha menerapkan sistem pelacakan sapi untuk memastikan keasliannya. Semua sapi Matsusaka diberi ID 10 digit. Tanggal lahir, lokasi lahir, tanggal disembelih, informasi pengiriman, dan garis keturunan masing-masing sapi dapat ditemukan dengan memasukkan ID di situs web.

Sejak usia 12 bulan, sapi Matsusaka akan menjalani diet khusus selama 900 hari. Makanan untuk diet khusus sapi Matsusaka terdiri dari kombinasi kedelai, gandum, barley, dan nasi. Diet ini dapat meningkatkan berat hewan, menghasilkan daging sapi yang memiliki jumlah lemak intramuskular (marmer) yang bagus. Beberapa peternak mungkin juga memberikan sake dan pijatan-pijatan untuk sapi Matsusaka mereka.

Pada kesempatan kali ini, Admin memiliki kesempatan untuk mencicipi citarasa daging sapi Matsusaka langsung di daerah asalnya, Matsusaka, di Prefektur Mie. Ini pengalaman pertama kali Admin mencicipi daging sapi mewah dan premium langsung di Jepang. Karena pada saat itu Jepang sedang musim gugur, Admin memutuskan untuk memesan satu porsi shabu-shabu sebagai makanan penghangat tubuh.

Rasa daging sapi Matsusaka dalam shabu-shabu sangat meleleh di mulut. Beda dengan daging sapi biasa, daging sapi Matsusaka sangat lembut dengan memiliki citarasa gurih yang khas di mulut. Hidangan shabu-shabu ini memang mengajak para penikmat shabu-shabu untuk mencelupkan daging yang diiris tipis beberapa kali ke dalam sup panas sambil merebus bahan-bahan lain yang telah disiapkan seperti sayur-sayuran, tahu, mie, konnyaku, dan saus. Shabu-shabu daging sapi Matsusaka juga baik untuk orang yang sedang menjalani diet karena kandungan lemak dalam daging sapi Matsusaka yang sangat rendah dan kalori pada kandungan keseluruhan bahan makanan juga masih aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Dimana kalian bisa membeli shabu-shabu daging sapi Matsusaka yang enak ini?

Kalian bisa mengunjungi restoran Matsusaka Maruyoshi di Matsusaka, Prefektur Mie. Di restoran ini, kalian bisa memesan bermacam-macam olahan daging sapi Matsusaka seperti sukiyaki, steak, shabu-shabu, sushi, miso, atau set bentou lainnya. Untuk menu selengkapnya, kalian bisa klik link ini ya, daftar menu dan harga di Restoran Matsusaka Maruyoshi.

Restoran Matsusaka Maruyoshi

Alamat: 239-2, Kamadacho, Matsusaka-shi, Mie 0120-298-044

Nomor Telepon: 0598-51-2240 (Bahasa Jepang)

Jam buka: pukul 10:00 sampai 21:30 (order terakhir jam 20:30)

Peta restoran Matsusaka Maruyoshi

Jika kalian memiliki rencana untuk pergi berkunjung ke Prefektur Mie, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Matsusaka. Jangan lupa siapkan budget yang banyak untuk mencicipi berbagai macam cita rasa daging sapi premium khas Matsusaka.

Semoga informasi yang admin sampaikan bisa berguna untuk kalian semua ^^.

Sumber:

Ilustrasi daging sapi Matsusaka: http://www.matsusakaushi.co.jp

Sapi Matsusaka memiliki ciri khas berwarna hitam: http://www.mie-msk.co.jp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s