YouTuber Populer di Jepang (Part 1)

Selama pandemi COVID-19 dan melaksanakan karantina sebagai bagian penting dalam melaksanakan protokol kesehatan, banyak aktivitas yang admin lakukan di rumah. Salah satu aktivitas yang dilakukan di rumah adalah menonton channel YouTube. Dalam artikel kali ini, admin mau membahas mengenai YouTuber populer asal Jepang yang selama ini admin tonton sebagai media menghibur diri ditengah-tengah pandemi :D. Seperti yang kita ketahui, banyak variety show unik asal Jepang yang sempat muncul di televisi Indonesia. Nah, keunikan – keunikan tersebut juga ada dalam konsep channel – channel YouTube asal negeri sakura. Nggak melulu soal keunikan, dengan menonton channel YouTube dari Jepang, kalian juga bisa melatih Bahasa Jepang kalian loh! nggak percaya? Sebagai informasi untuk kalian, list yang ada dalam artikel ini adalah channel – channel YouTube yang admin rekomendasikan berdasarkan pengalaman admin menonton channel mereka di YouTube ya. Berikut listnya….

Hajime Syacho

Hajime Syacho

Hajime Syacho (は じ め し ゃ ち ょ ー) memiliki jumlah pelanggan saluran YouTube terbesar di Jepang. Dia dijuluki Hajimen (は じ め ん) dan Moyashi (も や し). Hajime lahir di Tonami, Toyama pada 14 Februari 1993.

Pada Maret 2012, dia dan teman sekelasnya di universitas membuat tim “Perusahaan Hajime” dan mulai memposting video di YouTube. Setelah itu, ia membuka saluran YouTube pribadi dan mengubah nama YouTube-nya dari “Hajime-shachō” (は じ め 社長, Presiden Hajime) menjadi Hajime Syacho (は じ め し ゃ ち ょ ー) . Pada pertengahan 2013 sampai 2014, Hajime belajar bahasa Inggris di Inggris Raya dan mengumumkan afiliasinya dengan grup Uuum setelah kembali dari Inggris. Dia muncul di iklan televisi YouTube Jepang “Suki na koto de, Ikite iku” pada bulan Juni 2015. Bersamaan dengan kemunculannya, iklannya juga diposting di Weekly Shonen Jump dan Shibuya 109, dan eksposurnya di media selain YouTube juga meningkat. Hajime juga memiliki situs penggemar berbayar “Hajimeno” yang dibentuk pada tahun 2017.

Hajime Syacho memiliki tiga channel di YouTube. Channel utamanya berisi video mulai dari video eksperimen, prank kamera tersembunyi hingga video Q and A dan ulasan produk. Di sub-channelnya, dia banyak membahas seputar cerita keseharian tentang hidupnya, mengajak penontonnnya untuk bermain sambil mengulas kartu Yu-Gi-Oh!, dan mempromosikan perusahaan untuk kebutuhan endorsement. Channel ketiganya membahas kehidupan sehari-harinya dengan teman sekamarnya.

Sejak Oktober 2015, Hajime memegang rekor pada ajang bergengsi Guinness World Record dalam nominasi memainkan permainan tradisional Jepang yang disebut “Darumasan ga koronda” yang diikuti oleh 740 orang sekaligus.

Hajime Syacho juga membentuk sub-member YouTube lain yang diberi nama Hatake (畑). Sub-member ini akan kita bahas di artikel part 2 ya.

Klik untuk melihat channel YouTube Hajime Syacho

Hikakin

Hikakin

Hikakin (ヒ カ キ ン) yang memiliki nama asli Hikaru Kaihatsu (開發 光) lahir pada tanggal 21 April 1989 adalah YouTuber asal Jepang dan salah satu pendiri UUUM, jaringan multi-saluran terbesar di Jepang. Awal mula dia dikenal karena video beatbox Super Mario Bros-nya yang viral pada tahun 2010 dan mencapai lebih dari 3,8 juta penayangan pada tahun itu.

Pada Desember 2012, Hikakin merilis album pertamanya, kolaborasi dengan komposer musik video game Hideki Sakamoto, untuk soundtrack aplikasi gambar Echannel di PlayStation Vita. Hikakin pernah berpartisipasi dalam Social Star Awards dan mengadakan konser yang bertajuk Singapore Social. Dia tampil bersama Aerosmith dan melakukan beatboxing sebelum tampil dengan band di “Walk This Way”.

Pada Februari 2014, Hikakin membuat video beatbox kolaborasi dengan penyanyi asal Amerika, Ariana Grande untuk lagunya yang berjudul “Baby I” dan “Break Free”. Tidak hanya itu, dia juga pernah mengunggah video beatbox yang menampilkan penyanyi asal Amerika Ne-Yo. Mereka membawakan lagu Ne-Yo “Coming with You” dan hitsnya yang terkenal di tahun 2007 yang berjudul “Because of You”. Pada tahun yang sama, Hikakin pernah juga menjadi salah satu pengisi acara YouTube FanFest pertama di Tokyo, Jepang dan berkolaborasi dengan Hifana.

Klik untuk melihat channel YouTube Hikakin

Fischer’s

Member Fischer’s — Kiri ke kanan: Zakao, Masai, Dama, Silk Road, Ndaho, Motoki

Fischer’s merupakan channel YouTube asal Jepang yang memiliki 6 anggota bernama Silk Road (シルクロード), Dama (ダーマ), Zakao (ザカオ), Ndaho (ンダホ), Motoki (モトキ) dan Masai (マサイ). Pada awalnya channel YouTube mereka beranggotakan 8 orang. Namun, member mereka yang bernama Daibu memutuskan untuk keluar dari Fischer’s dan member lain bernama Peketan sedang dalam masa scorsing akibat terlibat scandal. Fischer’s mengkhususkan channel mereka pada video komedi yang menunjukkan dinamika grup mereka, review tempat wisata indoor dan outdoor terutama wisata outbond, athletic (アスレチック), dan olahraga. Sejumlah besar vlog dan video lainnya dapat dilihat di channel mereka, seperti video makan atau games dan terkadang mereview lokasi-lokasi horor di Jepang dan di luar negeri. Fischer’s dibentuk
pada tanggal 25 Februari 2010 yaitu pada hari kelulusan sekolah menengah pertama mereka. Pada 8 Juli 2014, channel YouTube mereka mencapai 10.000 pelanggan dan pada tanggal 20 Juli 2015, mereka bergabung ke UUUM, sebuah perusahaan pengelola kreator YouTube di Jepang.

Silk Road, Masai, dan Ndaho adalah member utama yang selalu muncul pada setiap video YouTube mereka, sedangkan empat member lagi yaitu, Peketan adalah penyanyi yang meng-cover lagu-lagu Jepang, Zakao adalah penari breakdance, Dama bekerja di perusahaan game, Motoki berprofesi sebagai gamer reviewer dan bekerja paruh waktu di perusahaan.

Fischer’s juga berpartisipasi dalam Momoiro Uta Gassen di Malam Tahun Baru (BS Nittele, Fuji TV NEXT, Nippon Broadcasting, dll.) Berturut-turut sejak tahun 2018.

Pada tanggal 15 Agustus 2018, Fischer’s merilis album pertama “Our Color Minna no Iro” yang mencakup lagu-lagu yang dirilis dan didistribusikan di YouTube. Pada 16 Desember 2018, Fischer’s juga mengumumkan dalam video bahwa mereka membuka taman indoor bertemakan outbond dan athletic yang diberi nama “Fischer’s Park” di Kota Kashiwa, Prefektur Chiba. Sayangnya, taman hiburan itu ditunda kegiatan operasionalnya dan kemudian dibuka kembali pada 12 Januari 2019.

Tidak kalah dengan prestasi YouTuber lainnya, Fischer’s juga pernah memecahkan rekor pada ajang bergengsi Guinness World Record untuk memainkan permainan tradisional Jepang yang disebut “Oni Gokko”. Di Jepang, Oni Gokko sendiri adalah permainan sejenis petak umpet yang lazim kita mainkan di Indonesia. Permainan Oni Gokko terbesar di dunia ini diadakan di alun-alun timur Taman Peringatan Expo di Kota Fukida, Prefektur Osaka.

Pada 27 Oktober 2019, jumlah penayangan kumulatif channel “Fischer-” saja menjadi nomor satu di Jepang. Pada 5 Desember 2019, grup ini menduduki peringkat ke-9 di dunia dengan 1,9 miliar tampilan dalam 10 besar YouTuber yang paling banyak dimainkan di dunia.

Pada 13 Desember 2019, Fischer’s dinominasikan dan dianugerahi sebagai kategori International Asia-Pasifik oleh “Streamy Awards”. Nominasi ini adalah nominasi pertama kalinya bagi dunia Per-YouTube-an di Jepang dalam memenangkan “Streamy Awards” YouTube. Pada 2 Agustus 2020, jumlah penayangan di channel utama mereka saja melebihi 10 miliar.

Fischer’s juga memiliki channel lain yang mereka beri judul Fischer’s secondary (フィッシャーズセカンダリ. Di channel kedua mereka, berisikan video-video yang membahas tentang keseharian mereka seperti bermain “sumabura” (super mario bross), mereview keseharian para member, mereview game, dan produk.

Klik untuk melihat channel YouTube Fischer’s

Yuka Kinoshita

Yuka Kinoshita

Yuka Kinoshita (木 下 ゆ う か) lahir pada tanggal 4 Februari 1985 adalah YouTuber asal Jepang yang memiliki channel YouTube bertemakan makan besar alias mukbang atau “oogui” (大 食 い) dalam bahasa Jepang.

Yuka Kinoshita telah memposting di channel YouTubenya yang berfokus pada makan sejak tahun 2014, yaitu lima tahun setelah debutnya di kompetisi makan besar di Jepang. Yuka Kinoshita mengunggah video harian di mana dia memakan dengan porsi yang super besar dengan rata-rata jumlah kalori antara 5.000 hingga 23.000 kalori sekali makan. Biasanya Yuka mengedit videonya menjadi vlog berdurasi 5 hingga 7 menit, tetapi sesekali dia mengupload video livenya ketika makan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan tradisi mukbang kebanyakan. Pada Juni 2020, videonya telah ditonton lebih dari 2 miliar kali.

Video Yuka Kinoshita dibuat dalam bahasa Jepang dan dapat diakses oleh pemirsa berbahasa Inggris karena setiap videonya disertai dengan subtitle berbahasa Inggris. Karena alasan ini, dia menarik perhatian sumber berita mancanegara yang kagum dengan kemampuannya untuk makan dalam porsi yang super besar. Yuka Kinoshita juga tampil dalam program televisi Jepang, Ōgui (大 食 い).

Unggahannya yang paling populer di YouTube adalah videonya yang mencoba makan 100 hamburger McDonalds. Yuka hanya berhasil menghabiskan 62 porsi hamburger, tapi itu sudah menjadi prestasi yang fenomenal!

Klik untuk melihat channel YouTube Yuka Kinoshita

Itulah pembahasan Youtuber Populer di Jepang (Part 1). Selama pandemi dan karantina di rumah, admin setidaknya sudah punya channel favorit YouTube Jepang. Cuma sayangnya, tidak semua channel YouTube mereka melampirkan subtitle berbahasa Inggris, sehingga beberapa video akan sulit jika ditonton. Tapi jangan khawatir, kalian masih bisa nonton kok sambil latihan pendegaran Bahasa Jepang dan belajar budaya mereka lewat channel YouTube mereka.

Nanti kita lanjut ke artikel part 2 nya ya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Arigatou gozaimasu~

Sumber gambar:

Hajime Syacho: https://aramajapan.com/

Hikakin: https://image.news.livedoor.com/

Fischer’s: https://static.wikia.nocookie.net/

Yuka Kinoshita: https://yt3.ggpht.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s