Festival Tradisional Jepang Paling Populer (Part 2)

Setelah kita membahas festival tradisional Jepang paling populer bagian pertama. Yuk kita bahas festival tradisional Jepang paling populer lainnya, yang akan Admin bahas pada artikel ini. Inilah 5 Festival Tradisional Jepang Paling Populer (Part 2).

Kanda Matsuri (Tokyo)

Kanda Matsuri

Kanda Matsuri adalah festival yang diadakan di Kuil Kanda Myojin yang terletak di Chiyoda Tokyo. Festival ini adalah salah satu dari tiga festival terbesar di Jepang bersama dengan Gion Matsuri di Kyoto dan Tenjin Matsuri di Osaka.

Ada dua jenis festival di Kanda Matsuri. Salah satunya adalah Hon Matsuri, yang diadakan pada tahun ganjil, dan yang lainnya adalah Kage Matsuri, yang diadakan pada tahun genap.

Kanda Matsuri juga disebut sebagai Tenka Matsuri (Festival Unifikasi). Nama ini diambil dari Ieyasu Tokugawa yang mendirikan Keshogunan Edo. Sebelum bertarung dengan panglima perang lainnya, dia meminta para pelayannya berdoa untuk kemenangannya di Kuil Kanda Myojin. Setelah itu, Ieyasu Tokugawa berhasil menyatukan Jepang dan menunjukkan apresiasinya terhadap Kuil Kanda Myojin dengan membangun banyak kuil besar dan kecil di sekitarnya. Berkat Ieyasu, kemeriahan festival yang diadakan di kuil-kuil berhasil berkembang seperti saat ini.

Di Kanda Matsuri, pastikan kamu tidak melewatkan prosesi lima ratus orang yang mengenakan pakaian dari zaman Heian yang dikenal sebagai Shinkosai. Shinkosai berangkat dari Kuil Kanda Myojin dan melewati area Akihabara, Marunouchi dan Otemachi sebelum kembali ke Kuil Kanda Myojin. Sehari setelah Shinkosai, kamu dapat melihat pameran kuil mikoshi portabel dari kota-kota di sekitar Kuil Kanda Myojin.

Informasi Festival

Waktu Pelaksanaan: hari Sabtu dan Minggu pada tanggal-tanggal terdekat dengan 15 Mei setiap tahun.

Prefektur: Tokyo

Lokasi Festival: Kuil Kanda di Kanda, Tokyo, di tengah-tengah distrik di Tokyo, seperti Nihombashi, Otemachi, Marunouchi, dan Akihabara

Sanja Matsuri (Tokyo)

Sanja Matsuri

Sanja Matsuri adalah festival tahunan yang diadakan selama akhir pekan pada pertengahan Mei di Kuil Asakusa di Asakusa, Tokyo. Acara utama Sanja Matsuri adalah prosesi arak-arakan kuil mikoshi portabel pada hari kedua dan ketiga. Pada hari kedua, kamu dapat melihat hampir seratus kuil mikoshi berkumpul dari kota-kota sekitarnya, menuju Kuil Asakusa. Pada hari ketiga, tiga kuil mikoshi besar berangkat dari Kuil Asakusa dan diarak melalui area terdekat.

Sanja Matsuri diadakan di Kuil Asakusa dan sekitarnya. Kuil Asakusa berada tepat di sebelah Kuil Sensoji. Stasiun terdekat adalah Stasiun Asakusa di Tokyo Metro Ginza Line dan Toei Subway Asakusa Line. Disarankan pergi lebih awal untuk menghindari keramaian di sekitar stasiun dan kereta api pada saat hari festival.

Informasi Festival

Waktu Pelaksanaan: Jumat ketiga di bulan Mei, Sabtu ketiga di bulan Mei, Minggu ketiga di bulan Mei

Prefektur: Tokyo

Lokasi Festival: Kuil Asakusa dan sekitarnya

Gion Matsuri (Kyoto)

Gion Matsuri

Gion Matsuri diadakan setiap tahun pada bulan Juli di Kyoto, adalah salah satu dari tiga festival besar Jepang, bersama dengan Festival Tenjin Osaka dan Festival Kanda Tokyo.

Pada tahun 2009, Gion Matsuri Kyoto ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Yamaboko (festival kendaraan hias) raksasa yang diarak di pusat kota dianggap sebagai simbol hari-hari musim panas Kyoto. Gion Matsuri dimulai dengan festival Kuil Yasaka, yang terletak di daerah Gion, Kyoto. Gion Matsuri dibagi menjadi dua bagian yaitu Saki matsuri (festival awal) dan Ato matsuri (festival selanjutnya). Perayaan dimulai pada tanggal 1 Juli yang ditandai dengan ritual Kippu iri dan diakhiri ritual Nagoshinoharae pada tanggal 30 Juli.

Arak – arakan Yamaboko dalam perayaan Gion Matsuri.

Ikon terkenal dari Gion Matsuri adalah parade yamaboko. Yamaboko adalah sejenis kendaraan hias yang diarak selama festival Shinto. Yamaboko dalam Gion Matsuri di Kyoto tingginya bisa mencapai 25 meter dan yang terbesar dapat mencapai berat hingga 12 ton. Setiap yamaboko dihias dengan mewah dalam festival ini.

Informasi Festival

Waktu Pelaksanaan: setiap tanggal 14 hingga 16 Juli, 17 Juli, dan 24 Juli

Prefektur: Kyoto

Lokasi Festival: Kuil Ayatokunaka dan Kuil Yasaka

Tenjin Matsuri (Osaka)

Tenjin Matsuri

Tenjin Matsuri adalah festival yang diadakan setiap tahun pada tanggal 24 dan 25 Juli di Kuil Osaka Tenmangu di Osaka. Festival ini dianggap sebagai salah satu yang paling terkenal di Jepang karena ukuran dan sejarahnya yang panjang, bersama dengan Festival Gion Kyoto dan Festival Kanda Tokyo. Festival Tenjin diadakan untuk menunjukkan kemakmuran kota, bisnis dan kesehatan.

Saat festival berlangsung, orang-orang mengenakan kostum dan mereka membawa omikoshi keliling kota. Ketika arak-arakan mikoshi, ada mikoshi yang diduga membawa arwah Sugawara Michizane, dewa di Kuil Tenmangu.

Puncak dari festival ini adalah prosesi menyebrangi sungai pada tanggal 25 Juli. Penonton dapat melihat berbagai perahu-perahu dengan para pria yang mendayung mengikuti irama drum di atas kapal. Perahu itu membawa mikoshi, dan lainnya membawa pemain drum. Prosesi ini dimulai dari Jembatan Hishobashi, yang merupakan area hulu sungai dari Tenjinbashi di Sungai Okawa. Cahaya dari dekorasi di atas kapal dan pertunjukan kembang api sangat menarik untuk dilihat. Festival ini menarik pengunjung dari seluruh penjuru setiap tahunnya sebagai festival yang sangat ditunggu-tunggu di Osaka.

Festival Tenjin ini dikunjungi lebih dari satu juta orang setiap tahun. Jika kamu ingin mendapatkan tempat yang bagus untuk menyaksikan kemeriahan festival ini, kamu harus tiba di tepi sungai setidaknya satu jam sebelum festival dimulai.

Informasi Festival

Waktu Pelaksanaan: tanggal 24 Juli dan 25 Juli setiap tahun

Prefektur: Osaka

Lokasi Festival: kuil Osaka Temmangu dan Sungai Ōkawa

Sapporo Yuki Matsuri (Hokkaido)

Sapporo Yuki Matsuri

Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo) diadakan selama satu minggu setiap bulan Februari di ibukota Hokkaido, Sapporo. Festival ini merupakan salah satu festival musim dingin paling populer di Jepang.

Sapporo Yuki Matsuri dimulai pada tahun 1950, ketika siswa sekolah menengah membangun beberapa patung salju di Taman Odori. Sejak saat itu, acara ini berkembang menjadi acara besar yang dikomersialkan, menampilkan pahatan salju dan es yang spektakuler dan menarik. Festival ini menarik lebih dari dua juta pengunjung dari Jepang dan seluruh dunia. Festival salju diadakan di tiga lokasi yaitu di Odori, Susukino dan Tsudome.

Patung salju besar dalam festival ini yang paling terkenal ada yang berukuran lebar lebih dari 25 meter dan tinggi 15 meter dan menjadi pameran patung salju terbesar disana. Patung-patung salju itu menyala setiap hari sampai pukul 22:00.

Disekitar Taman Odori juga memamerkan lebih dari seratus patung salju yang lebih kecil dan ada juga penyelenggaraan konser. Banyak di antaranya menggunakan patung tersebut sebagai panggungnya.

Pemandangan Sapporo Yuki Matsuri juga dapat dilihat dari Menara TV Sapporo di ujung timur Taman Odori. Pada saat festival berlangsung, menara ini diperpanjang jamnya dari mulai pukul 8:30 sampai pukul 22:30. Biaya masuk ke dek observasi Menara TV Sapporo adalah 720 yen untuk orang dewasa.

Di Susukino, distrik hiburan terbesar Sapporo juga memamerkan sekitar seratus patung es. Susukino terletak hanya satu halte kereta bawah tanah di selatan Taman Odori. Patung es menyala setiap hari hingga pukul 23:00 (hingga pukul 22:00 pada hari terakhir festival).

Di Tsudome ada atraksi salju seperti seluncuran salju, arung jeram salju, dan pameran patung salju. Di dalam kubah, ada banyak stand makanan selama festival. Area Tsudome buka setiap hari mulai pukul 9:00 hingga 17:00. Tsudome dibuka beberapa hari sebelum dimulainya festival pada tanggal 31 Januari 2020.

Informasi Festival

Waktu Pelaksanaan: Bulan Februari setiap tahun

Prefektur: Hokkaido

Lokasi Festival: Taman Odori , Susukino, and Tsudome

Itulah daftar dan penjelasan 5 Festival Tradisional Jepang Paling Populer (Part 2). Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian untuk berkunjung ke Jepang nanti ya.

Sumber Gambar:

Kanda Matsuri: diversity-finder.net

Sanja Matsuri: cdn.cheapoguides.com

Gion Matsuri: mykyotophoto.com

Arak arakan Yamaboko dalam perayaan Gion Matsuri: d3bbatwdaufxg9.cloudfront.net

Tenjin Matsuri: thumbs.dreamstime.com

Sapporo Yuki Matsuri: alljapantours.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s