Prefektur Okayama, Surga Buah Persik

Sumber: http://www.veltra.com/en/asia/japan/hokkaido/furano/ctg/181310:fruit_picking_farming/

          Bicara mengenai keunikan wilayah di Jepang memang tidak ada habisnya. Dari sekian banyak keunikan yang dimiliki Jepang, salah satunya bersumber dari alam. Jepang memang dikaruniai cuaca dan iklim yang cocok untuk menanam tanaman seperti buah-buahan dan sayur-sayuran sub-tropis. Dengan didukung iklim dan proses penanaman yang baik, petani-petani di Jepang dapat menghasilkan buah-buahan yang khas dan berkualitas. Tidak hanya itu saja, buah-buahan tersebut juga diperkenalkan untuk menarik hati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin  berkunjung ke negara berjuluk negeri sakura itu. Salah satu destinasi agro wisata di Jepang yang menawarkan wisata petik buah berada di Prefektur Okayama .

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Okayama_Prefecture

Prefektur Okayama berada di wilayah Chugoku berada di sebelah barat kawasan pulau Honshu. Prefektur ini berbatasan langsung dengan prefektur Hiroshima, Kagawa, Tottori, dan Hyogo. Prefektur Okayama memiliki iklim yang hangat karena intensitas sinar matahari di prefektur itu cukup baik. Maka tidak heran, Prefektur Okayama dijuluki oleh orang-orang Jepang sebagai “the sunny land” atau daratan yang cerah. Curah hujan di prefektur ini juga rendah dan bahkan menempati posisi ke-3 sebagai curah hujan terendah di Jepang.

Kalian pasti mengenal legenda tradisional Jepang berjudul Momotarou kan? Ya, legenda Jepang tersebut lahir di Prefektur Okayama.  Didalam cerita itu, Momotarou dilahirkan dari dalam buah persik yang ditemukan oleh sepasang kakek dan nenek. Tidak hanya dalam legenda saja, pada kenyataannya, buah persik putih di Prefektur Okayama memang terkenal dan memiliki rasa dan kualitas yang baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita mengenal buah-buahan khas Prefektur Okayama yuk.

Persik Putih

Sumber: http://shun-gate.com/en/roots/roots_33.html

                Buah persik Okayama dibawa dari Cina dan mulai dikembangkan di Okayama sejak periode Meiji pada tahun 1875. Karena kerja keras para petani buah persik, membuat Prefektur Okayama menjadi produsen buah persik terbesar seantero Jepang. Periode panen buah persik di Jepang dimulai pada bulan Juni hingga September.

Hanayome

Sumber: http://world.momotaros.com/_src/sc286/item_p_hanayome.jpg

                Buah persik dengan jenis hanayome memiliki rasa yang manis dengan bentuk buah yang kecil. Jika hanayome sudah matang dan siap untuk dipetik, gradasi warna merah dan kuningnya manjadikan buah ini begitu indah dan cantik dipandang mata. Hanayome mulai berbuah mulai dari akhir Juni hingga awal Juli. Jika wisatawan ingin mencoba hanayome, tidak perlu menunggu buah ini berbuah hingga musim panas tiba ya.

Hakuhou

Sumber: http://global.rakuten.com/en/store/hana-online/item/momo_hikawahakuhou/

                Varietas buah persik putih yang satu ini adalah salah satu persik putih terkenal di Jepang. Hakuhou khas Prefektur Okayama memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis. Kandungan air dalam hakuhou pun cukup banyak sehingga dapat menyegarkan dahaga pemakannya. Varietas hakuhou dari Prefektur Okayama  adalah varietas dengan kualitas terbaik di Jepang. Periode panen hakuhou dari mulai pertengahan Juli hingga akhir Juli.

 Shimizu White Peach

Sumber: https://www.hyouryuu.co.jp/shop/momo/shimizu0.html

                Shimizu white peach juga tidak kalah terkenal sebagai buah persik terbaik di Jepang. Jenis buah persik yang satu ini berwarna merah muda dengan gradasi putih susu. Karena warnanya yang terlihat cantik, shimizu white peach juga dijuluki sebagai “ratu buah persik”. Ukuran shimizu white peach tergolong besar dengan tekstur yang halus. Orang Jepang biasa memberikan buah yang terkenal dengan rasa manisnya ini sebagai hadiah spesial.  Shimizu white peach akan berbuah pada akhir Juli hingga pertengahan Agustus.

Okayama Yume Hakutou

Sumber: http://world.momotaros.com/peach.html

                Okayama yume hakutou sendiri berarti buah persik putih impian Okayama. Bagi orang-orang yang sudah pernah mencoba varian buah persik Okayama Yume Hakutou, tidak diragukan lagi bahwa jenis buah persik khas Okayama ini memiliki aroma persik yang khas, rasa yang manis dan kandungan air yang banyak. Okayama yume hakutou adalah jenis persik besar dengan berat sekitar 350 – 500 gram. Masa panen buah persik ini sekitar pertengahan Agustus.

Hakurei

Sumber: http://www.freshplaza.com/article/100379/Okayamar-white-peaches-promoted-throughout-Asia

Buah persik jenis hakurei memiliki tekstur yang halus, rasa yang manis dan aroma buah persik yang kuat. Tidak hanya itu saja, hakurei juga menjadi symbol kemewahan untuk dijadikan hadiah. Masa panen hakurei cukup singkat, yaitu antara awal Agustus hingga pertengahan Agustus.

Golden Peach

Golden peaches and other varieties of yellow peach caskets 6 ball Yamagata and other regionsSumber: https://global.rakuten.com/en/store/hamanaka/item/10001023/

                Golden peach memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur kulitnya yang halus. Rasa manis golden peach hampir mirip dengan rasa manis pada buah mangga. Berat golden peach yaitu sekitar 300 gram. Varian buah persik ini juga biasa dikonsumsi dalam bentuk selai atau sebagai resep kue.

Selain varietas buah persik putih, Prefektur Okayama juga memiliki varietas buah-buahan lainnya yang tidak kalah unggul dengan rasa manis yang khas ketika dimakan. Mau langsung mencicipi  buah-buahan khas di Jepang? Kunjungi prefektur Okayama ^-^.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s