Bunga Tsubaki, Bunga Cantik Penuh Makna

Apa yang kalian tahu jika mengingat bunga khas Jepang? Pada umumnya, orang-orang akan menyebut bunga khas Jepang adalah bunga sakura. Padahal, ada berbagai macam bunga khas Jepang yang tidak kalah cantik dari bunga sakura loh. Salah satunya adalah bunga tsubaki (Camellia japonica). Selain cantik, bunga tsubaki juga punya makna mendalam dan memiliki banyak manfaat. Yuk, mari kita bahas bunga tsubaki dalam artikel ini.

Deskripsi Fisik Pohon dan Bunga Tsubaki

Sumber: verdego.com

Bunga tsubaki berasal dari keluarga Theaceae yang memilik nama ilmiah Camellia japonica adalah salah satu pohon berbunga paling terkenal di Jepang. Dikenal sebagai tsubaki dalam bahasa Jepang, tanaman ini adalah pohon yang dapat ditemukan di seluruh wilayah dengan suhu hangat di kepulauan Jepang.

Pohon bunga tsubaki di alam adalah pohon subcanopy yang selalu hijau, umumnya setinggi 3 hingga 6 meter. Rekor tertinggi adalah 18 meter (hampir 60 kaki).  Kulit batangnya berwarna abu-abu dan memilik tekstur halus.

Daun pohon bunga tsubaki memiliki bentuk yang  lebar dan bergerigi, biasanya berukuran antara panjang 5-10 sentimeter dan lebar 3-6 cm dan berujung runcing. Daunnya berwarna hijau pekat di permukaan dorsal  dan sedikit lebih ringan. Permukaan dorsal juga sangat mengkilap, menambah daya tarik visual dari tanaman ini. Kuncup bunga terbentuk di musim gugur dan musim dingin sampai pembukaan di akhir musim dingin atau awal musim semi.

Kelopak bunga tsubaki biasanya berwarna merah tua, pink, dan putih. Musim berbunga di Jepang bagian selatan dimulai pada musim dingin, biasanya sebelum bulan Januari. Puncak mekarnya bunga tsubaki sekitar bulan Maret sampai April. Pada ketinggian yang lebih tinggi, bunga dapat bertahan hingga pertengahan Mei. Lebih jauh ke wilayah utara, bunga tsubaki bisa bertahan hingga pertengahan musim semi. Namun, tidak jarang melihat pohon ini berbunga ketika salju masih turun.

Makna Indah dalam Bunga Tsubaki

Sumber: cdn.canr.udel.edu

Bunga tsubaki diberikan kepada orang terkasih dengan makna yang dibawa sebagai simbol “kau adalah yang terindah dalam hatiku”. Bunga ini juga merupakan simbol kemanusiaan dan kekaguman. Karena bunga ini mudah sekali gugur, maka, secara simbolis, bunga tsubaki tidak cocok diberikan kepada orang yang sedang sakit.

Bunga Tsubaki Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan

Sumber: images-na.ssl-images-amazon.com

Biji bunga Tsubaki yang kaya manfaat biasa diolah  menjadi minyak dan digunakan sebagai sumber perawatan kulit dan rambut wanita Jepang. Dengan warna emas kekuningan dan tekstur yang lembut, minyak biji bunga tsubaki memberikan manfaat kecantikan yang telah dipercaya selama berabad-abad.

Di Jepang, minyak biji bunga tsubaki biasanya diaplikasikan pada rambut basah seperti setelah mandi. Geisha dan maiko mengaplikasikan minyak biji bunga tsubaki untuk tampilan rambut tradisional Jepang yang lebih mengkilap. Untuk rambut yang sulit diatur, minyak biji bunga tsubaki juga bisa diaplikasikan pada rambut sebelum dicuci untuk menguraikan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur.

Minyak biji bunga tsubaki dapat menyerap dengan cepat dan menembus jauh ke dalam lapisan bawah kulit serta meningkatkan pertumbuhan sel kulit. Minyak biji bunga tsubaki juga dapat  mengurangi garis-garis halus dan keriput dan dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat kecil.

Bunga Tsubaki dalam Literatur Jepang

Tsubaki dan suzume di salju (雪中 の 椿 と 雀, tahun 1845) oleh Utagawa Hiroshige dalam koleksi MET.

Dalam legenda budaya Jepang, Samurai membenci tsubaki karena tidak seperti bunga sakura. Bunga tsubaki dapat gugur dengan cepat  ke tanah  dan layu.

Festival Bunga Tsubaki

Related imageSumber: https://th.jal.japantravel.com/

Jika kalian berkunjung ke Jepang pada musim semi, kalian juga bisa menikmati hamparan bunga tsubaki  dalam festival bunga tsubaki di pulau Oshima, Jepang. Festival bunga Tsubaki pada malam hari berlangsung pada tanggal 2 Februari hingga tanggal 18 Maret di area Camellia Plaza. Kamu juga bisa menyewa kimono secara gratis disana selama festival berlangsung.

Ternyata bunga tsubaki tidak kalah cantik dari bunga sakura ya. Semoga bisa menambah referensi kalian untuk berwisata ke Jepang selama musim semi.

Sumber artikel:

Satu pemikiran pada “Bunga Tsubaki, Bunga Cantik Penuh Makna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s