5 Camilan Rasa Wasabi Bisa Jadi Salah Satunya Favoritmu!

Jika kalian pernah mencoba makan makanan khas Jepang terutama sushi dan sashimi, pasti kalian tidak asing lagi dengan pasta hijau dengan rasanya yang menyengat sampai ke hidung bernama wasabi. Wasabi adalah tumbuhan asli Jepang dari suku kubis-kubisan, akarnya berbentuk rimpang rizoma yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Di Jepang, wasabi tidak hanya dikonsumsi sebagai pelengkap makanan saja, tapi juga ada banyak jenis camilan  dengan rasa khas wasabi. Bagaimana rasa snack dengan cita rasa wasabi ini ya? Berikut ini informasi snack dengan cita rasa wasabi ^^.

Kit Kat Rasa Wasabi 

Kit KatSumber gambar: https://www.fdfworld.com/food/nestle-building-deluxe-kit-kat-factory-japan-demand-soars

Wasabi KitKat adalah salah satu varian snack khas Jepang  yang diproduksi dan dipasarkan oleh Nestlé Jepang di prefektur Shizuoka. Wasabi dipilih karena prefektur Shizuoka dikenal dengan daerah dimana banyak wasabi ditanam. Wasabi di prefektur Shizuoka sering digunakan untuk campuran es krim, sushi dan saus celup yang gurih. Iklim yang sejuk dan air bersih yang bersih menghasilkan wasabi segar dengan bentuk yang unik.

Ketika bungkus KitKat dibuka, aroma khas wasabi muncul. Gigitan pertama didominasi oleh rasa manis coklat putih diikuti oleh rasa wasabi tanpa sensasi hangat yang tidak begitu terasa di dalam saluran hidung.  Pada gigitan selanjutnya, rasa wasabi dalam KitKat semakin kuat dan menusuk area sinus. Sensasi wasabi yang pedas dan menyengat kuat dalam hidung dibarengi dengan rasa manis coklat putih, membuat kita harus terus menghabiskan batang demi batang KitKat rasa wasabi ini.

Permen Rasa Wasabi (Hana-Nodo Wasabi Ame)

Sumber gambar: https://blog.fromjapan.co.jp/en/others/10-wasabi-snacks-to-spice-up-your-life-clear-your-sinuses.html

Dalam bahasa Jepang, permen ini disebut sebagai permen wasabi pelega tenggorokan  (Hana-nodo wasabi ame). Rasa wasabi ini terbentuk perlahan ketika kita mulai menghisap, lama-lama ada sedikit sensasi “kesemutan” yang merayap dalam saluran tenggorokan dan hidung. Mungkin kenapa permen ini dinamakan permen pelega tenggorokan, karena memang aroma wasabi yang menusuk hidung menjadikan permen ini membantu dalam mengobati saluran hidung dan tenggorokan yang sedang tidak enak.

Furikake Wasabi

Sumber gambar: https://www.japancentre.com/en/products/5420-nagatanien-wasabi-otonano-furikake-rice-seasoning

Furikake adalah bumbu kering khas Jepang yang biasa ditaburkan di atas nasi. Biasanya terdiri dari campuran ikan kering, biji wijen, rumput laut cincang, gula, garam, dan vetsin. Bahan-bahan lain seperti katsuobushi, atau okaka (serpihan bonito yang dibasahi dengan kecap dan dikeringkan lagi), ikan salmon cincang, shiso, telur, miso bubuk, sayuran, dll. Seiring dengan berkembangnya inovasi rasa, wasabi juga ditambahkan kedalam furikake. Furikake tidak begitu menyengat karena wasabi di dalamnya sudah dicampurkan bersama dengan bahan-bahan furikake lain dan telah diolah menjadi serpihan-serpihan.

Pringles Rasa Wasabi

Sumber gambar: http://jpnfood.com/archives/1885

Pringles punya banyak rasa, salah satu rasa Pringles yang paling unik adalah Pringles rasa wasabi. Ketika kaleng Pringles rasa wasabi dibuka, kita bisa melihat bentuk keripik kentang yang khas dengan taburan bubuk wasabi. Konsumen Pringles rasa wasabi mengatakan kalau taburan bubuk wasabi dalam Pringles tidak begitu menyengat dan rasa wasabinya masih cocok dengan lidah mereka. Tingkat ketajaman rasa wasabi Pringles juga tidak menyengat. Sayangnya, Pringles rasa wasabi ini tidak dijual di Indonesia ya.

Kacang Polong Rasa Wasabi (Kasugai Peas & You)

Sumber gambar: https://www.japancentre.com/en/products/416-kasugai-wasabi-peas

Bagi kalian yang menyukai kacang-kacangan, kalian bisa cicipi snack kacang polong rasa wasabi dari produk Kasugai Peas & You. Makanan ringan dengan kacang polong rasa wasabi ini memiliki rasa yang kuat. Bubuk wasabi ditaburkan kedalam butiran-butiran kacang polong. Walaupun rasa wasabinya kuat, kacang polong yang dipanggang bisa menutupi rasa kuat wasabi.

Kalau kalian tidak suka makan wasabi, mungkin kalian mesti coba snack-snack diatas. Jangan lupa untuk membagikan snack-snack tersebut kepada teman, keluarga, dan orang-orang disekitar kalian, siapa tau mereka bisa mencicipi rasa wasabi dengan sensasi yang berbeda. Selamat mencoba!

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s